SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU TERBARU
SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU TERBARU
Proses pendataan calon peserta seleksi PPPK (P3K) sudah mulai dilaksanakan pada awal Bulan November Tahun 2020 melalui verifikasi dan validasi data ijazah bagi guru honorer atau guru non PNS melalui laman info GTK https://info.gtk.kemdikbud.go.id. Pengumuman Rencana Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) oleh Pemerintah diperkuat dengan dilaksanakannya live streaming bersama beberapa menteri pada tanggal 23 November 2020 sebagai pendukung berjalannya pelaksanaan Tes Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja P3K.
SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU TERBARU |
Sebagai info bahwa untuk kelulusan Tes Seleksi PPPK (P3K) ditentukan berdasarkan capaian kompetensi bukan ditentukan dari lamanya pengabdian calon peserta PPPK (P3K).
Untuk seleksi PPPK (P3K), Pemerintah telah menyiapkan 2 (dua) tahapan proses seleksi, mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi yang akan dilalui oleh calon peserta seleksi PPPK (P3K) 2021.
seleksi Administrasi dimaksudkan untuk mencocokan pelamar berdasarkan persyaratan, kualifikasi dan dokumen lainnya. Sedangkan Seleksi Kompetensi dilakukan untuk memastikan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan formasi yang dipilihnya.
Seleksi Kompetensi berisi Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis dan Kompetensi Sosial Kultural.
Pada kesempatan kali ini akan membagikan referensi Soal dan Jawaban Seleksi PPPK (P3K) Kemampuan Manajerial.
SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU TERBARU.
1. Yang tidak termasuk media tercetak adalah...
A. Poster
B. Folder
C. Video (Jawaban)
D. Brosur
E. Pamphlet
2. Bahan media tercetak manual adalah ...
A. Kertas gambar (Jawaban)
B. Palet
C. Penggaris mika
D. Kuas
E. tinta
3. Media tercetak berupa lipatan adalah...
A. Folder (Jawaban)
B. Leaflet
C. Video
D. Poster
E. brosur
4. Pesan dari penyuluh adalah...
A. Pesan
B. Materi
C. Informasi (Jawaban)
D. Media
E. fasilitas
5. Anatomi design poster yang memuat judul adalah...
A. Article
B. Heading (Jawaban)
C. Ilistrasi
D. Tema
E. Topic
6. Teachingaids adalah..
A. alat bantu mengajar (Jawaban)
B. dasar mengajar
C. pengajar
D. Simulasi
E. demontrasi
7. Behavior theory adalah ?
A. teori sikap
B. teori ilmu
C. teori tingkah laku (Jawaban)
D. ilmu politik
E. teori kasus
8. berkunjung kerumah petani merupakan tenik...
A. demonstrasi
B. anjangsana (Jawaban)
C. temu wisata
D. temu usaha
E. tatap muka
9. menyulh dengan membawa alat peraga merupakan teknik ...
A. temu usaha
B. demonstrasi (Jawaban)
C. anjangsana
D. temu wisata
E. tatap muka
10. Sistem penyuluh pertanian di bahas dalam ...
A. UU NO.16 THN 2006 (Jawaban)
B. UU NO.14 THN 2006
C. UU NO.14 THN 2004
D. UU NO.7 THN 1973
E. UU NO.7 THN 1972
11. Hal yang harus diperhatikan adalah derajat kondisi yang akan dicapai yang merupakan....
A. Degree (Jawaban)
B. Behavior
C. Audience
D. Actionary
E. Condition
12. Penyuluh disebut juga...
A. Pelaku utama
B. Pelaku usaha
C. Pegawai pemerintah
D. Pemberi pesan (Jawaban)
E. Pelayan konsumen
13. Administrasi penyuluhan dipandang sebagai kegiatan pemberdayaan sumberdaya manusia , khususnya pada sasaran berikut, kecuali….
A. petani (Jawaban)
B. penyuluh
C. kontak tani
D. sejawat
E. Penyewa lahan
14. Administrasi penyuluhan sebagai total sistem harus dapat bergerak menuju sasaran dan tujuan yang mempunyai kesatuan….
A. hamparan
B. kelompok
C. pola pikir (Jawaban)
D. domisili
E. sebab akibat.
15. Upaya yang berkaitan dengan administrasi personalia adalah….
A. Perbaikan sarana yang dibutuhkan penyuluh, diantaranya mobilitas yang tinggi, sumberdaya material, perumahan
B. Penyediaan dana yang mencukupi untuk kelancaran tugas penyuluhan
C. Adanya sistem pelaporan dan evaluasi yang baik
D. Setiap staf penyuluhan harus diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan (Jawaban)
E. Badan pemeriksa khusus
16. Salah satu peran kelompok adalah sebagai kelas belajar, artinya kelompok tani merupakan….
A. Tempat memperkuat kerjasama diantara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani serta dengan pihak lain
B. Wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap, sehingga tumbuh kemandirian anggota dalam berusahatani (Jawaban)
C. Alat komunikasi yang baik antar sesama anggota, anggota dengan pengurus serta anggota/pengurus dengan penyuluh, bank dan KUD
D. Wadah usaha tani yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota kelompok tani yang dipandang sebagai satu kesatuan yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi
E. Satu kesatuan yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi
17. Pernyataan yang benar terkait dengan KTNA adalah….
A. Merupakan organisasi dari kontak tani nelayan andalan hanya di wilayah kecamatan dan kabupaten/kota
B. Semua kontak tani/ketua kelompok tani menjadi anggota KTNA
C. Merupakan organisasi formal perwakilan petani
D. Merupakan organisasi dari kontak tani nelayan andalan hanya di pusat
E. Berfungsi sebagai wadah musyawarah petani-nelayan serta mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan petani nelayan di wilayahnya (Jawaban)
18. Pengertian rembug paripurna dalam kegiatan KTNA adalah...
A. Pertemuan lengkap seluruh anggota KTNA tingkat wilayah untuk menetapkan pengurus harian dan mengembangkan peran petani-nelayan dalam pembangunan pertanian
B. Pertemuan lengkap seluruh pengurus harian ditambah utusan/wakil petani-nelayan dari tingkat di bawahnya yang membahas masalah umum kegiatan KTNA (Jawaban)
C. Pertemuan antara pengurus harian ditambah dengan beberapa KTNA lainnya untuk : menetapkan ketua KTNA dan ahli andalan sebagai delegasi mimbar sarasehan; membahas masalah; dan menindaklanjuti hasil mimbar sarasehan
D. Pertemuan pengurus harian KTNA untuk membahas kepentingan petani nelayan di wilayah yang bersangkutan
E. Pertemuan khusus pengurus harian KTNA untuk : menetapkan ketua KTNA dan ahli andalan sebagai delegasi mimbar sarasehan; membahas masalah; dan menindaklanjuti hasil mimbar sarasehan
19. Berikut adalah upaya yang dilakukan KTNA dalam rangka penataan dan perbaikan organisasi , kecuali…
A. penguatan organisasi dengan cara pemilihan KTNA secara demokratis dan transparan (Jawaban)
B. jumlah KTNA dari setiap desa sebaiknya tetap
C. KTNA harus dapat mengatur pelaksanaan hak dan kewajiban anggota
D. perlu campur tangan pemerintah dalam proses pemilihan KTNA
E. jumlah KTNA dari setiap desa sebaiknya sesuai dengan luas wilayah
20. Berikut merupakan teknis administrasi tentang BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), kecuali….
A. wilayah kerjanya mencakup 2 – 3 wilayah kecamatan
B. terdiri dari beberapa wilayah binaan
C. wilayah binaan dikenal sebagai wilayah kerja penyuluhan pertanian (WKPP)
D. tiap WKPP dilayani oleh 2 orang petugas penyuluh lapangan (PPL) yang mencakup satu atau beberapa desa
E. wilayah kerjanya mencakup 1 – 2 wilayah kecamatan (Jawaban)
21. Salah satu fungsi komisi penyuluhan pertanian propinsi adalah….
A. melakukan kerjasama antara peneliti, penyuluh pertanian, kontak tani, dan pelaku agribisnis
B. membuat demplot, pengembangan model usahatani, kemitraan agribisnis, dan ketahanan pangan
C. menyiapkan penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional (Jawaban)
D. menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, pasar bagi petani
E. menjembatani penyediakan lahan dan bibit
22. Penyuluh dapat memilih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, ekonomi dan sosial . Pernyataan tersebut merupakan peran penyuluh sebagai….
A. guru
B. penasehat (Jawaban)
C. penganalisis
D. organisator
E. fasilitator
23. Pernyataan berikut merupakan faktor pengikat upaya penumbuhan kelompok, kecuali adanya ….
A. kepemimpinan kelompok (Jawaban)
B. kesamaan dalam kehidupan sosial
C. saling percaya mempercayai antara sesama anggota
D. kesamaan kondisi sumberdaya manusia dalam berusahatani-nelayan
E. kepemimpinan individu
24. Berikut adalah tugas tambahan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dalam membantu PPS (Penyuluh Pertanian Spesialis) , kecuali….
A. mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan (Jawaban)
B. mengolah dan menganalisis data untuk penyusunan program penyuluhan
C. meningkatkan swakarya dan kemandirian petani
D. pembuatan demplot, kaji widia, dan penulisan ilmiah
E. mengolah dan menganalisis data dan melaporkan
25. Tugas seorang generalis ketika bekerjasama dengan seorang spesialis adalah….
A. mengintegrasikan berbagai pengetahuan khusus menjadi rekomendasi yang praktis (Jawaban)
B. menjadikan perencana program penyuluhan menyadari masalah petani yang dapat dipecahkan oleh spesialisasi mereka
C. menjadikan generalis sadar akan perkembangan bidang keahlian mereka melalui ceramah, penelitian, dan latihan yang sistematis
D. menjalin hubungan yang baik dengan kelompok sasaran untuk menjamin bahwa informasi yang dibuat sesuai dengan keperluan audiens
E. menyatukan dua pendapat yang berbeda
26. Menuangkan arah kebiijakan penyuluhan pertanian, merupakan tugas jabatan penyuluh yang bergolongan ….
A. I
B. II
C. IIIa
D. IIIb
E. IV (Jawaban)
27. Model yang menunjuk kan adanya keterkaitan secara integral antara sumber teknologi , penyuluh/kontak tani dan petani dalam proses inovasi suatu tek nologi termasuk ke dalam model….
A. penelitian dasar da n terapan
B. pengembangan dan difusi
C. pemecahan masalah
D. interaksi sosial (Jawaban)
E. interpersonal
28. Dorongan atau bimbingan dari pemerintahi bagi peningkatan kerjasama kelompokkelompok tani dapat diperlihatkan dalam bentuk….
A. penyediaan bahan- bahan khusus (Jawaban)
B. membasmi hama-h ama yang umum
C. organisasi koperasi
D. kegiatan politik petani
E. membeli hasil panen dengan harga tinggi
29. Yang dimaksud dengan diversifikasi usaha dalam pembangunan pertanian adalah....
A. peningkatan produk tivitas berbagai sumber daya yang ada secara efektif
B. peningkatan luas areal pertanian/perikanan/peternakan
C. suatu proses pendalaman dan perluasan spektrum pembangunan pertanian (Jawaban)
D. usaha pemulihan k emampuan produktivitas sumber daya pertanian
E. usaha pemulihan k emampuan produktivitas sumber daya untuk penyuluh
30. Yang termasuk kedalam tujuan pembangunan pertanian antara lain… .
1. Memelihara dan meningkatkan ketahanan pangan serta kualitas g izi masyarakat
2. Meningkatkan daya saing hasil pertanian
3. Rangkaian panjang dari pengembangan kemampuan dan k eberdayaan petani didalam mengelola usaha taninya
A. Jika pernyataan 1 dan 2 benar (Jawaban)
B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
D. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
E. Jika pernyataan 1 saja benar
31. Ruang lingkup penyuluhan pertanian dalam pembangunan pertanian meliputi….
1. pengembangan budi daya pertanian
2. pembangunan usaha pertanian
3. pengembangan kelembagaan pertanian
A. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
C. Jika pernyataan 1, saja benar
D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar (Jawaban)
E. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
32. Beberapa dampak neg atif dari adanya revolusi hijau dalam pemb angunan pertanian adalah...
1. kualitas tanah menurun akibat penggunaan agroinput kimiawi secara intensif
2. keragaman jenis pro duksi pertanian meningkat
3. adanya kemungkina n ledakan hama dan penyakit
A. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar (Jawaban)
C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar
E. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
33. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pertanian yang tangguh adal ah
1.pemanfaatan sumber daya yang dipunyai secara optimal
2.berperan positif dal am pembangunan regional dan nasional
3.sistem agribisnis yang berakar kuat di perkotaan
A. Jika pernyataan 1 dan 2 benar (Jawaban)
B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
D. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
E. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
34. Dampak dari kondisi l ingkungan strategis yang terus berkembang secara dinamis dan menjurus pada libe ralisme perdagangan internasional dan investasi terhadap pembangunan pertania n akan mendorong …….
1.mekanisme pasar be kerja dengan hambatan minimum
2.persaingan dalam in ternasional menjadi semakin terbuka dan tra nsparan 3.munculnya tindak an proteksi perdagangan dunia dalam ben tuk nontarif yang diskriminatif
A. Jika pernyataan 1 dan 2 benar (Jawaban)
B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar
E. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
35. Berdasarkan suplai air, lahan basah yang pengairannya tergantung pada naik turunnya permukaan air sungai merupakan pertanian...
A. lahan kering
B. lahan sawah (Jawaban)
C. lahan lebak
D. lahan pasang surut
E. lading
36. Dalam suatu sistem p ertanian dengan Intensitas Rotasi (R)= 70 %, maka pertanian tersebut tergolong...
A. sistem perladangan
B. sistem bera
C. sistem permanen (Jawaban)
D. sistem rotasi bera
E. system semi permanen
37. Hasil tanaman pangan riil di daerah tropik negara berkembang lebih kurang separuh dari hasil negara berpenghasilan tinggi di daerah beriklim sedang karena ...
A. kualitas sumberdaya rendah
B. lahan tidak subur
C. perubahan musim t idak teratur
D. efisiensi photosintesis di daerah tropik rendah (Jawaban)
E. pengelolaan pertanian yang baik
38. Tanah dengan akumulasi mineral amorphous disubhorizon merup akan tanah abu dari Ordo...
A. Alfisol
B. Spodosol (Jawaban)
C. Histosol
D. Ultisol
E. Histosol dan Ultisol
39. Penggunaan media penyuluhan pertanian dapat mempermud ah sasaran dalam memahami dan meng ingat pesan yang terkandung dalam mate ri, hal ini disebut sebagai fungsi :
A. Afektif
B. Atensi
C. Kompensatoris
D. kognitif (Jawaban)
E. analisis
40. Konstituen hasil pert anian dalam kegiatan penyuluhan pertanian termasuk sasaran suluh:
A. pendukung (Jawaban)
B. utama
C. penentu
D. sukarela
E. pokok
- SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU BAGIAN 1 TERBARU
- SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU BAGIAN 2 TERBARU
- SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN INTEGRITAS DAN SOSIO KULTURAL TERBARU
- SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK KEMAMPUAN MANAJERIAL TERBARU
- KUMPULAN SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK P3K KEMAMPUAN TEKNIS GURU
Baca Juga
DISINI : Latihan Soal PPPK Matematika SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Matematika SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Matematika SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Matematika SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PPKN SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PPKN SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PPKN SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PPKN SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Indonesia SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Indonesia SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Indonesia SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Indonesia SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK IPA SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK IPA SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK IPS SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK IPS SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PJOK SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PJOK SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PJOK SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK PJOK SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Inggris SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Inggris SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Inggris SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Bahasa Inggris SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Seni Budaya SD Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Seni Budaya SMP Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Seni Budaya SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Seni Budaya SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Biologi SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Biologi SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Fisika SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Fisika SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Kimia SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK KimiaSMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Sejarah SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Sejarah SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Geografi SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Geografi SMK Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Ekonomi SMA Terbaru
DISINI : Latihan Soal PPPK Ekonomi SMK Terbaru
Demikian artikel kami kali ini mengenai SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK (P3K) KEMAMPUAN TEKNIS GURU TERBARU.
Semoga Bermanfaat.
Label: pppk, seleksi pppk, soal pppk
<< Beranda