Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 3 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 3 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Pada Kesempatan kali ini kami akan membagikan Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 3 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Berdasarkan Modul Guru Belajar Calon ASN PPPK, Pada Modul Pembelajaran PPKN terdapat 5 materi pembelajaran yaitu :
- Pembelajaran 1 - Konsep Dasar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
- Pembelajaran 2 - Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
- Pembelajaran 3 - Penerapan Hak dan Kewajiban Serta Norma Pancasila
- Pembelajaran 4 - Keberagamaan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Pembelajaran 5 - Keberagamaan dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia
Di bawah ini kami sediakan Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 3 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.
sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 3 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK |
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
b. meningkatkan pemahaman mengenai jenis-jenis bullying yang terjadi di berbagai lingkungan kehidupan
c. melaporkan setiap tindakan bullying kepada aparat kepolisian dan kepala sekolah x
d. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk peraturan yang khusus mengatur pencegahan terhadap bullying
e. membuat tulisan tentang pencegahan tindakan bullying di media cetak nasional mapun local
2. Kasus perbudakan buruh kuali yang pernah disidangkan oleh Pengadilan Negeri Tangerang (PN Tangerang) dengan Terdakwa YI dan kawan-kawan merupakan salah satu kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia. Kasus tersebut sebenarnya dapat dihindari, apabila masyarakat berperan serta dalam upaya penegakkan HAM untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM. Salah satu bentuk peran serta yang dapat ditampilkan oleh anggota masyarakat diantaranya adalah ....
a. meningkatkan pemahaman mengenai hak dan kewajiban asasi manusia xb. melaporkan setiap pelanggaran ham yang terjadi di masyarakat
c. mengawal pelaksanaan undang-undang tentang hak asasi manusia
d. mengawasi kinerja komnas ham sebagai salah satu instrumen penegakkan ham
e. membuat petisi tentang efektifitas penegakkan ham oleh Pemerintah
3. Di antara upaya penegakan hak asasi manusia yang dibentuk oleh lembaga swadaya masyarakat adalah....
a. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)b. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM)
c. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
d. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) x
e. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
4. Hubungan antara nilai, moral, dan norma, serta kaidah-kaidah kemasyarakatan lainnya baik berkaitan dengan hak atau kewajiban, diantaranya kewajiban setiap warga Negara terhadap negaranya melalui kewajiban Bela Negara. Hak dan kewajiban ini dimaksudkan ....
a. untuk menjadikan. seluruh kekuatan baik militer, kepolisian, maupun masyarakat menjadi kekuatan militer xb. untuk menangkal setiap gangguan dan ancaman baik dari negar asing maupun yang ada dalam wilayah Negara sendiri.
c. untuk menangkal setiap rongrongan dari Negara asing yang akan merugikan Negara Indonesia.
d. untuk mewajibkan seluruh lapisan masyarakat dalam mewujudkan pertahanan diseluruh lapisan masyarakat
e. untuk menangkal gangguan yang hanya ada dan mengganggu keamanan Negara dan masyarakat.
5. Moral memiliki arti sangat luas, ada yang menyatakan sebagai aturan kesusilaan berkaitan dengan benar, salah, baik, maupun buruk, dan ada lagi pernyataan yang pada dasarnya menuju pada ati yang sama. Oleh karenanya moral hendaknya...
a. Berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku individu, dianggap benar dan baik oleh individu sendiri.b. Menjadi alat untuk mengukur kadar berguna atau tidak berguna bagi kehidupan masyarakat
c. Menjadi alat perilaku yang mengacu pada kehendak pribadi atau kehendak sekelompok orang yang berkepentingan.
d. Sebagai akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku. x
e. Ajaran tentang sesuatu yang berguna bagi seseorang tidak untuk yang lainnya dalam kehidupan bermasyarakat.
6. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, betapa banyak nilai dalam masyarakat. Nilai-nilai ini merupakan sesuatu yang berharga dalam kehidupan. Oleh karenanya setiap orang menjaga secara baik setiap nilai yang mereka harapkan. Misalnya sesorang berharap terjaminnya nilai sosial, nilai kebenaran,nilai keindahan, nilai moral, maupun nilai agama yang mereka anut masing-masing. Nilai moral sebenarnya ...
a. Nilai yang bersumber dari nilai-nilai ketuhanan yang tersimpan dalam ajaran agama dan dianggap nilai yang paling tinggi disbanding yang lainnya.b. Nilai yang bersumber dari akal manusia. Nilai ini mutlak dibawa sejak lahir. Oleh karenanya ada yang menyatakan nilai ini merupakan kodrat dari Tuhan.
c. Nilai yang bersumber dari kehendak atau kemauan, dengan nilai ini manusia dapat bergaul dengan baik diantara sesama manusia lainnya. x
d. Nilai yang melakat pada masyarakat berkaitan dengan sikap dan tindakan manusia nilai ini menjadi ciri bahwa manusia tidak dapat hidup mandiri.
e. Nilai yang bersumber dari unsur rasa yang terdapat pada setiap diri manusia, dan biasa disebut dengan nilai estetika.
7. Bagi bangsa Indonesia, pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena merupakan salah satu bentuk pengamalan Pancasila terutama sila ...
a. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan /Perwakilanb. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
c. Kemanusian Yang Adil dan Beradab x
d. Ketuhanan Yang Maha Esa
e. Persatuan Indonesia
8. Pendidikan merupakan salah satu upaya pewarisan nilai, moral, norma, dan kaidah-kaidah masyarakat lainnya. Pancasila sebagai sumber nilai, moral dan norma bagi warga masyarakat Indonesia yang harus diwariskan kepada setiap warga Negara merupakan kewajiban Negara. Ini meruapakan amanah dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 ...
a. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 3b. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 4 x
c. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 1
d. Beberapa pasal UUD NRI tahun 1945 terutama pasal 29
e. Beberapa pasal UUD NRI tahun 1945 terutama pasal 39
9. Norma yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dilihat dari daya pengikatnya terhadap kehidupan sosial di masyarakat dapat berupa: cara (usage), Tata kelakuan (mores), adat istiadat (custom), Hukum (law), dan norma mode atau norma fashion. Yang dimaksud dengan norma mode atau norma fashion adalah
a. Kebiasaan yang tidak semata-mata dianggap sebagai suatu cara dalam suatu cara berperilaku, namun dapat diterima sebagai norma pengatur.b. Norma yang lahir dari adanya kehadiran gaya dan cara anggota masyarakat yang cenderung berubah, bersifat baru dan diikuti masyarakat. x
c. Mengacu pada bentuk perbuatan-perbuatan yang lebih menonjolkan pada hubungan yang terjadi antar individu.
d. Tata kelakuan yang terintegrasi kemudian menjadi kuat keberadaannya dengan pola perilaku masyarakat dan terus meningkat sehingga menjadi kebiasaan.
e. Merupakan sebuah ketentuan hukum dalam mengatur individu di lingkungan masyarakat baik tertulis maupun tidak tertulis dilengkapi denga sanksi.
10. Perkembangan moral seorang anak manusia berkaitan erat dengan perkembangan kognitifnya. Oleh karenanya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tuntutan untuk mampu menampilkan moral terbaik sebagai warga Negara merupakan tututan yang tidak terhindarkan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan hal di bawah ini, kecuali ...
a. Mampu menjunjung norma-norma yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan beregara.b. Menciptakan masyarakat yang seimbang dalam memenuhi kebutuhan kehidupannya sebagai warga Negara maupun warga masyarakat.
c. Membentuk masyarakat yang memiliki nilai moral tanggung jawab terhadap diri maupun lingkungannya.
d. Pembinaan warga negara yang baik yang tahu akan hak dan kewajibannya dalam berbagai aspek kehidupan.
e. Pencitraan dalam aspek kehidupan untuk dapat dihargai oleh anggota masyarakat lainnya. x
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Lainnya :
- Pembelajaran 1 - Konsep Dasar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
- Pembelajaran 2 - Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
- Pembelajaran 3 - Penerapan Hak dan Kewajiban Serta Norma Pancasila
- Pembelajaran 4 - Keberagamaan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Pembelajaran 5 - Keberagamaan dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Matematika Lainnya :
- Pembelajaran 1 - Bilangan Asli, Cacah dan Bulat
- Pembelajaran 2 - Bilangan Pecahan
- Pembelajaran 3 - Geometri
- Pembelajaran 4 - Pengukuran
- Pembelajaran 5 : Statistika dan Peluang
- Pembelajaran 6 : Kapita Selekta Matematika
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Lainnya :
- Pembelajaran 1 - Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks
- Pembelajaran 2 - Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi
- Pembelajaran 3 - Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi
- Pembelajaran 4 - Apresiasi dan Kreasi sastra Anak
- Pembelajaran 1: Paradigma Baru PJOK
- Pembelajaran 2: Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype
- Pembelajaran 3: Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK
- Pembelajaran 4: Ilmu Dasar Kepenjasan
- Pembelajaran 5: Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya
- Pembelajaran 6: Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin
- Pembelajaran 7: Ilmu Penunjang Kepenjasan
- Pembelajaran 8: Teori Belajar Gagne
- Pembelajaran 9: Tujuan Pembelajaran
- Pembelajaran 10: Model Pembelajaran Aktif
- Pembelajaran 11: Keterampilan Berpikir Kritis
- Pembelajaran 12: Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik
- Pembelajaran 1 - Manusia, Tempat tinggal dan Lingkungannya
- Pembelajaran 2 - Waktu, Perubahan dan Sistem Sosial Budaya
- Pembelajaran 3 - Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
- Pembelajaran 4 - Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global
- Pembelajaran 1 - Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya
- Pembelajaran 2 - Gaya dan Energi
- Pembelajaran 3 - Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan
- Pembelajaran 4 - Bumi dan Alam Semesta
Untuk Mendapatkan Berita Terbaru dari kami Kunjungi Disini
gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
Pembelajaran 1: Teori Belajar
Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik
Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran
Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi
Pembelajaran 6: Konsep Penilaian
Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik
Demikian artikel sangkolan.com mengenai Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PPKN Pembelajaran 3 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.
<< Beranda