Kamis, 18 Maret 2021

Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

Pada Kesempatan kali ini kami akan membagikan Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi. Berdasarkan Modul Guru Belajar Calon ASN PPPK, Pada Modul Bahasa Indonesia ini terdapat 4 materi pembelajaran yaitu :

  • Pembelajaran 1 - Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks
  • Pembelajaran 2 - Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi
  • Pembelajaran 3 - Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi
  • Pembelajaran 4 - Apresiasi dan Kreasi sastra Anak 

Di bawah ini kami sediakan Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi.

sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi
sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi


Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 1 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

Pembelajaran 3. Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

Soal 1. 
Dalam kaidah kebahasaan penulisan teks nonfiksi haruslah menggunakan kalimat efektif. Diantara salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam kalimat efektif ialah kesepadanan. Dibawah ini manakah kalimat yang menunjukan kesepadanan...
a.Hingga saat ini kepala proyak belum menyetujui usulan penelitian yang diajukan, padahal itu sudah diajukan sejak sebulan lalu
b.Usualan penelitian ini sudah lama diajukan, tetapi kepala proyek belum juga menyetujuinya hingga saat ini.
c.Kami sudah lama mengajukan usulan penelitian ini, tetapi belum juga disetuji oleh kepala proyek
d.Kami sudah lama mengajukan usulan penelitian ini, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya x
e.Usualan penelitian ini sudah lama diajukan, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya.

Soal 2
Cermati penggalan paragraf berikut!...Selain itu, kebakaran hutan dan lahan ini juga sangat berdampak pada emisi gas rumah kaca, jelas Ruandha. Kebakaran pada tahun ini diperkirakan membuat penurunan emisi hanya sekitar 16%. Diharapkan mencegah terjadinya kebakaran di gambut, karena di situlah kuncinya. Kebakaran tahun ini juga tidak dipertanyakan pada waktu KTT, sebab tertutup oleh kebakaran di Amazone dan Australia.
 Penggalan kalimat diatas merupakan struktur teks nonfiksi yakni pada bagian...
a.Bagian thesis statemnet
b.Bagian urutan pristiwa
c.Bagian inti
d.Bagian penutup x
e.Bagian pendahuluan

Soal 3. 
Cermati penggalan paragraf berikut in!
Pembangunan pabrik tekstil yang tidak sesuai aturan bisa berdampak buruk pada lingkungan di sekitarnya. Efek samping yang ditimbulkan dapat berupa banjir, kekeringan, polusi udara, dan penyakit. Adanya pabrik industri dapat juga menimbulkan kebisingan sehinggan kehidupan warga terganggu. Selain itu juga asap pembuangan menyebabkan polusi udara juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit saluran pernafasan. Keadaan tersebut tentu membuat masyarakat cemas karena kehidupan mereka menjadi lebih baik.
Kalimat yang tidak koheren dari paragraf diatas ialah...
a.Kalimat ketiga
b.Kalimat kedua
c.Kalimat kelima x
d.Kalimat kesatu
e.Kalimat keempat

Soal 4. 
Anies Baswedan lahir dengan dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan. Ia dilahirkan pada tanggal 7 Mei 1969 di Kuningan, provinsi Jawa Barat. Ia merupakan anak pertama dari Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid. Anies Baswedan memulai pendidikan formalnya menjelang usia lima tahun. Ia masuk ke sekolah TK Masjid Syuhada di Kota Baru, Yogyakarta. Kemudian, memasuki usia enam tahun Anies bersekolah di SD Laboratori Yogyakarta. Tamat dari sana, Anies melanjutkan pendidikannya di di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Anies melanjutkan masa SMA-nya di SMAN 2 Yogya. Anies kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Gajah Mada di Fakultas Ekonomi. Sewaktu menjadi mahasiswa UGM, Anies mendapatkan beasiswa Japan Airlines Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas bidang Asian Studies di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang.
Penggalan teks di atas yang paling tepat termasuk kedalam jenis teks...
a.Nonfiksi
b.Faksi x
c.Fiksi
d.Hybrid
e.Biografi fiksi

Soal 5. 
Struktur esai secara umum terdiri dari pendahuluan, bagian inti, dan simpulan. Dalam pemaparan bagian pendahuluan hendaknya menakankan agar menarik perhatian pembaca dan pentingnya topik tersebut untuk dikaji. Pendahuluan esai yang disusun secara tepat, ialah...
a.Menggambarkan latar belakang yeng berisi keadaan ideal, faktual, dan solusi atas permasalahan yang akan dipaparkan
b.Berisiskan bagaian pengembangkan ide yang dimuat dalam thesis statement yang dikupas dan dikembangkan sesuai dengan jenis esai yang ditulis
c.Menggambarkan latar belakang dan situasi terkini terkait topik yang disajikan dari penjelasan khusus ke penjelasan umum yang berisi keadaan faktual dan permasalahan yang diangkat
d.Berisiskan latar belakang yang merupakan pemetaan logis dari topik yang hendak dibahasa sesuai tujuan jenis esainya
e.Menggambarkan latar belakang dan situasi terkini terkait topik tersebut yang disajikan dari penjelasana umum kearah yang lebih sempit menggambarkan keadaan faktual dan permasalahan yang diangkat x

Soal 6. 
Jika dikaitkan pada proses pembelajaran siswa sekolah dasar teks esai dapat digunakan sebagai upaya dan bentuk langkah nyata dalam memberikan pemahaman siswa terkait dengan berbagai isu yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut hal apa lagi yang dapat didapatkan dari penggunaan teks esai, kecuali ...
a.Teks esai dapat menyebutkan tentang tipe atau watak seseorang dalam suatu pembahasan atau sebuah isu kepada pembaca
b.Teks esai dapat menjelaskan tentang proses atau tahapan “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu peristiwa atau fenomena
c.Teks esai dapat menggambarkan atau menjelasakan tentang suatu hal atau objek seperti seseorang ataupun suatu benda yang menarik perhatian penulis
d.Teks esai dapat menjelaskan tentang peristiwa dan kejadian “mengapa” dan “bagaimana” hal itu dapat dilakukan.
e.Teks esai dapat membahas suatu topik isu atau topik dengan penjelasan yang dalam yang berhubungan dalam kehidupan sehari-hari x

Soal 7
Selain harus memenuhi unsur kesepadanan, dalam penggunaan kalimatnya teks nonfiksi haruslah logis yang bermakna...
a.Kalimat yang disusun haruslah masuk akal dan dapat dicerna logika tanpa menimbulkan kesulitan untuk memahaminya meskipun tidak koheren
b.Gagasan yang disusun dalam esai tidak boleh bertumpuk dalam satu kalimat karena dapat mengaburkan kejelasan informasi yang diungkapkan.
c.Menggunakan kata-kata yang hemat hendaknya menghilangkan bagian yang tidak diperlukan, menjauhkan penggunakan kata depa dari dengan daripada,menghundarkan pemakanaian kata yang tidak perlu, menghilangkan pleonase, serta menghindari penggunaan hipernim dan hiponim secara bersama-sama
d.Predikat-predikat yang digunakan dalam kalimat harus sepadan jika predikat pertama menggunakan predikat aktif maka predikat kedua juga harus menggunakan predikat aktif, tidak boleh berlawanan
e.Adanya kohesi dan koherensi antara struktur pembentuk kalimat, memperhatikan ejaan bahasa Indoenesia (EBI), tepat struktur fungsinya, sistematis, dan tidak ada pemborosan kata. x

Ikuti Try Out Pedagogik Gratis di : Try Out Modul Pedagogik PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Lainnya :


Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul IPS Lainnya :
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul IPA Lainnya :

Untuk Mendapatkan Berita Terbaru dari kami Kunjungi Disini
Baca Juga Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg

Pembelajaran 1: Teori Belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Demikian artikel sangkolan.com mengenai Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul Bahasa Indonesia Pembelajaran 3 Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi.

Label: , ,