Minggu, 07 Maret 2021

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kali ini kami akan berbagi mengenai Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi ini dikembangkan dengan tujuan mengembangkan kompetensi calon guru PPPK sehingga mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI MODUL PEDAGOGIK PEMBELAJARAN 3 KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Adapun indikator pencapaian kompetensi Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk mendukung kompetensi yang diharapkan,
  1. Guru mampu menjelaskan konsep HOTS;
  2. Guru mampu merancang pembelajaran HOTS; dan
  3. Guru mampu menganalisis kompetensi dasar.

MATERI POKOK MODUL PEDAGOGIK PEMBELAJARAN 3 KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi  sebagai berikut.
  1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
  2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
Bahan Belajar Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?
Keterampilan tingkat tinggi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, antara dalam hal menjelaskan konsep HOTS, merancang pembelajaran HOTS; serta menganalisis kompetensi dasar.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari konsep berpikir tingkat tinggi dan materi terkait kompetensi keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Bahan Belajar Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Bloom membagi keterampilan menjadi dua bagian. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu: mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).  Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skills (HOTS) didefinisikan sebagai proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar (Resnick,1987). 

Pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi adalah pembelajaran yang melibatkan tiga aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu: transfer of knowledge, critical and creative thinking, dan problem solving. Proses pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi tidak memandang level Kompetensi Dasar (KD), apakah KD nya berada pada tingkatan C1, C2, C3, C4, C5, atau C6.

Baca Juga : 
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik :

Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 :

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK


Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

1. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..
a. menelaah hubungan antar komponen ekosistem
b. menyebutkan pengertian ekosistem
c. menjelaskan jaring-jaring makanan
d. menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
The correct answer is: menelaah hubungan antar komponen ekosistem

2. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....
a. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa
b. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
c. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
d. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
The correct answer is: memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian

Ikuti Tryout Modul Pedagogik di Link Berikut : Try Out Modul 3 Pedagogik

3. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
c. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
d. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
The correct answer is: tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

4. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?
a. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
b. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c. Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
d. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
The correct answer is: Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya

5. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....
a. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
b. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
c. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
d. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
The correct answer is: menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

6. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
b. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
c. mencatat hasil pengamatan cuaca
d. melihat video tentang cuaca
The correct answer is: membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

7. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a. creative thinking
b. critical thinking
c. problem solving
d. transfer knowledge
The correct answer is: problem solving

gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
Kunci Jawaban bisa dilihat  Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK DISINI
Untuk Mendapatkan Berita Terbaru dari kami Kunjungi Disini

Baca Juga :

Pembelajaran 1: Teori Belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan.  

Dapatkan Juga Kisi-kisi Mata Pelajaran PPG Lainnya di bawah ini :

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kelas TK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kelas SD

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPA SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPA SMP

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPS SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPS SMP

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Fisika

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kimia

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Biologi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Sejarah

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Geografi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Ekonomi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Sosiologi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Tata Busana

Label: ,