Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Sumatif Pedagogik Modul 3 Pembelajaran Inovatif Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Sumatif Pedagogik Modul 3 Pembelajaran Inovatif Terbaru
Pada postingan kali ini kami ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Sumatif Pedagogik Modul 3 PPG – Pedagogik : Pembelajaan Inovatif. Sebagai seorang guru profesional, guru tentu wajib memiliki serangkaian kompetensi, yakni seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya.
Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya adalah kompetensi yang utuh dan integrative yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan perilaku.
Salah satu kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik yang berkenaan dengan penguasaan teoritis dan proses aplikasinya dalam pembelajaran.
Tujuan akhir yang diharapkan Anda capai setelah mempelajari modul 3 ini adalah Anda dapat menerapkan konsep dan prinsip pembelajaran Inovatif untuk mengembangkan pembelajaran efektif abad 21.
Setelah mempelajari modul 3 tentang Pembelajaran Inovatif, Anda diharapkan dapat :
- menerapkan pembelajaran STEAM sesuai dengan konsep dan prinsip pembelajaran dengan tepat.
- menerapkan tahap-tahap dan prinsip pembelajaran berbasis Neurosains dalam pembelajaran di kelas.
- menerapkan pembelajaran digital dalam praktek pembelajaran di kelas.
- menerapkan konsep, karakteristik, ragam model pembelajaran blende learning dalam pembelajaran.
Modul 3 ini berjudul Pembelajaran Inovatif yang akan disajikan dalam 4 Kegiatan belajar, yaitu :
- Kegiatan Belajar 1: Pembelajaran STEAM
- Kegiatan Belajar 2: Pembelajaran berbasis Neurosains
- Kegiatan Belajar 3: Pembelajaran Digital
- Kegiatan Belajar 4: Pembelajaran “Blended Learning”
sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Sumatif Pedagogik Modul 3 Pembelajaran Inovatif Terbaru |
Berikut adalah Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pembelajaran Inovatif PPG 2020 Terbaru
1. Salah satu tujuan pengintegrasian pembelajaran dengan pendekatan STEAM, diharapkan agar peserta didik dapat....
a. melaksanakan teknik STEAM secara terpisah-pisah
b. melakukan perbandingan antar budaya superior
c. memiliki kompetensi menjadi sales penjualan
d. memiliki kesiapan terjun dalam dunia kerja mendatang
2. Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip pengulangan, yaitu ....
a. peserta didik diberikan latihan soal STEAM
b. peserta didik diminta berpikir secara induktif
c. peserta didik disadarkan untuk termotivasi
d. peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh
3. Berikut merupakan fase yang harusnya terjadi setelah fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok dalam problem based learning STEAM....
a. orientasi peserta didik terhadap masalah
b. mengembangkan dan menyajikan hasil karya
c. mengorganisasikan peserta didik
d. memberikan motivasi kepada peserta didik
4. Pembelajaran berbasis projek pada pendekatan STEAM memungkinkan peserta didik untuk ....
a. menyelesaikan masalah yang mudah-mudah saja
b. melakukan kunjungan wisata secara bebas
c. meneliti keberhasilan rancangan produk
d. melakukan kerja individual untuk memecahkan masalah
5. Suatu kegiatan pembelajaran menggunakan waktu tanpa istirahat 3 x 45 menit, sehingga guru berfikir perlunya kegiatan relaksasasi ditengah pembelajaran berlangsung. Kegiatan relaksasi berikut mana yang paling cocok untuk mengoptimalkan kembali kerja otak ....
a. Bernyanyi bersama dengan keras.
b. Berlari mengelilingi halaman sekolah.
c. Bersantai sambil makan-makan.
d. Gerak pelenturan anggota tubuh.
6. Ketika suatu kegiatan pembelajaran berlangsung lama di dalam kelas, kegiatan relaksasi lebih baik lakukan minimal setiap pembelajaran telah berlangsung selama ....
a. 80 menit
b. 90 menit
c. 100 menit
d. 110 menit
7. Di bawah ini yang merupakan alasan utama, bahwa pembelajaran sebaiknya menggunakan bentuk aktivitas yang bervariasi, adalah ....
a. Belahan otak kanan dan kiri kita mengalami siklus efisiensi secara bergantian.
b. Peserta didik akan cepat mengantuk ketika pembelajaran monoton dan membosankan.
c. Otak peserta didik akan mengalami ketegangan, jika kegiatan pembelajaran sangat monoton.
d. Pembelajaran yang monoton memperlihatkan rendahnya kreativitas guru mengelola kelas.
8. Menurut prinsip pembelajaran berbasis neurosains, pembelajaran akan lebih optimal apabila mampu mengembangkan belahan otak kanan dan kiri secara seimbang. Diantara implikasi prinsip tersebut terhadap profil guru saat mengajar di kelas adalah ....
a. Guru harus berpenampilan sopan, santun, rapi, menarik, murah senyum, dan tidak gampang marah b. Guru harus inspiratif, berfikir sistematis, pandai membuat joke yang edukatif dan memotivasi.
c. Guru harus canggih, kritis, interaktif, dan selalu rasional dalam menjelaskan materi pelajaran.
d. Guru harus mampu melakukan stand up comedy dan mampu membuat semua peserta didik ketawa.
9. Berdasarkan uraian berikut, manakah yang merupakan implementasi dari model kelas lab rotation adalah ...
a. Terdapat beberapa tempat atau perhentian (station) dimana peserta didik dapat menempatinya secara bergiliran sesuai dengan kesepakatan atau arahan dari guru.
b. Peserta didik akan diatur untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Salah satu ruangan digunakan untuk sesi pembelajaran secara online sedangkan ruangan yang lain digunakan untuk kegiatan yang lainnya.
c. Peserta didik memulai kelas, mereka akan mendapatkan pengajaran secara langsung secara online. Sehingga ketika kelas dimulai, peserta didik dapat mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya melalui kegiatan diskusi dikelas.
d. Pembelajaran online dirancang untuk dapat diakses baik di lingkungan sekolah (cyber lounge) maupun di tempat lainnya. Guru yang memfasilitasi pembelajaran online adalah guru yang juga mengajar pada sesi pembelajaran tatap muka.
10. Bagaimana peran teknologi dalam aktifitas pembelajaran yang menggunakan model blended learning?
a. Sebagai alat untuk memotivasi dan menarik perhatian peserta didik saat pembelajaran berlangsung b. Sebagai sarana penyeimbang interaksi antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka.
c. Sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan saat pembelajaran di kelas. d. Sebagai sarana komunikasi antara guru, peserta didik, dan orangtua dalam proses pembelajaran.
11. Keuntungan apa yang ditawarkan oleh model blended learning melalui penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online?
a. Dapat menerapkan berbagai macam pilihan strategi pembelajaran sehingga kualitas belajar siswa meningkat.
b. Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga tingkat kehadiran dikelas menjadi lebih baik.
c. Menyediakan beberapa pilihan model kelas yang dapat dipakai oleh guru dalam menyusun kegiatan pembelajaram.
d. Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih system pembelajaran online atau tatap muka.
12. Bagaimana cara yang dapat digunakan guru dalam mengevaluasi model blended learning saat kegiatan pembelajaran telah berakhir?
a. Melalui evaluasi yang diberikan oleh pihak eksternal seperti orangtua peserta didik dna kepala sekolah.
b. Melalui lembar pengamatan aktifitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c. Melalui data kehadiran peserta didik baik dalam sesi pembelajaran online maupum pembelajaran tatap muka.
d. Melalui data hasil belajar, penilaian kinerja, serta komentar dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran.
13. Dengan semakin banyaknya situs komunikasi dalam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan myspace membuat komunikasi dan saling bertukar informasi semakin mudah. Perkembangan digital ini menuntut baik pendidik dan peserta didik bukan hanya mampu mencari dan memanfaatkan informasi saja, melainkan juga mampu menciptakan (create) informasi di internet. Potensi pemanfaatan pembelajaran digital tersebut, termasuk dalam kategori ….
a. potensi akses informasi
b. potensi alat komunikasi
c. potensi pendidikan dan pembelajaran
d. potensi pemanfaatan informasi
14. Hasil analisis kondisi pembelajaran menunjukkan, semua siswa memiliki handphone, kompetisi dan kerjasama tim rendah, guru perlu memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik pada siswa terutama dalam penyelesaian tugasnya, siswa perlu aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan memahami betul tujuan yang akan dicapai, dan semua siswanya menyukai tantangan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, guru sebaiknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan ....
a. Mobile learning
b. Games based learning
c. Cloud computing
d. Social media
e. E-learning
Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Sumatif Pedagogik Modul 3 Pembelajaran Inovatif Terbaru . Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.
Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan.
Baca Juga :
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik :
Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 :
Label: kunci jawaban ppg, ppg
<< Beranda