Senin, 08 Maret 2021

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kali ini kami akan berbagi mengenai Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Pembelajaran konsep penilaian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pengembangan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Indikator Pencapaian Kompetensi Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian

Setelah mempelajari materi pokok 6 tentang Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian, diharapkan Anda mampu: 

  1. menjelaskan fungsi penilaian;
  2. mengimplementasikan penilaian pada kurikulum 2013;
  3. mengembangkan penilaian untuk peserta didik.

Materi Pokok Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaiansebagai berikut.

  1. Fungsi Penilaian.
  2. Penilaian dalam Kurikulum 2013.
  3. Penilaian oleh Pendidik.

Bahan Belajar Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian

Mengapa Anda harus mempelajari materi ini? Konsep penilaian merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu melaksanakan pengembangan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi fungsi penilaian, penilaian dalam kurikulum 2013, dan penilaian oleh pendidik  dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Konsep Penilaian Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik membutuhkan teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. 

Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK digunakan sebagai acuan penilaian. Pendidik atau satuan pendidikan (sekolah) juga harus menentukan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Lingkup penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik; penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian Hasil belajar oleh pendidik terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca Juga : 
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik :

Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 :

Manakah soal yang paling tepat untuk stimulus berikut?

  • Apa hubungan antara pencemaran air dengan perilaku hidup manusia? x
  • Apa yang terjadi pada ekosistem laut tersebut? Berikan bukti-bukti yang mendukungnya!
  • abad pertengahan
  • Apa yang dimaksud dengan pencemaran air?
  • Apa yang terjadi di danau tersebut?
Jawab : Apa hubungan antara pencemaran air dengan perilaku hidup manusia? x

Seberapa Pahamkah Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!

Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam. 

Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu!

Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

  • Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
  • Disajikan beberapapermasalahan ekosistem, siswa dapat menaganalisis permasalahan tersebut
  • Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem. x
  • Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, siswa dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
  • Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
Jawab : Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem. x
Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

1. Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang
benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a. operasional formal
b. pra-operasional
c. pre-operasional
d. operasional konkret
The correct answer is: operasional konkret

2. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
d. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
The correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

3. Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a. subjektif
b. sahih
c. terbuka
d. adil
The correct answer is: subjektif

4. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui
kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a. identifikasi masalah
b. identifikasi kasus
c. memperkirakan penyebab
d. memperkirakan tindakan
The correct answer is: identifikasi masalah

5. Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a. menentukan indikator
b. menentukan spesifikasi instrumen
c. menentukan skala pengukuran
d. menentukan sikap yang akan dikembangkan
The correct answer is: menentukan sikap yang akan dikembangkan

6. Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a. semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
b. semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c. semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
d. semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit 
The correct answer is: semakin besar nilai inindeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit

7. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a. memperkirakan penyebab
b. identifikasi masalah
c. identifikasi kasus
d. memperkirakan tindakan
The correct answer is: identifikasi masalah


gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
Kunci Jawaban bisa dilihat  Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK DISINI
Untuk Mendapatkan Berita Terbaru dari kami Kunjungi Disini

Baca Juga :

Pembelajaran 1: Teori Belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan.  

Dapatkan Juga Kisi-kisi Mata Pelajaran PPG Lainnya di bawah ini :

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kelas TK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kelas SD

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPA SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPA SMP

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPS SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPS SMP

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMK

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Fisika

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kimia

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Biologi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Sejarah

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Geografi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Ekonomi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Sosiologi

UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Tata Busana

Label: ,