Kamis, 11 Maret 2021

Soal dan Kunci Jawaban PPG Pedagogik Tes Formatif Modul 4 KB 3 PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban PPG Pedagogik Tes Formatif Modul 4 KB 3 PPG Terbaru 


Malam ini kami ingin berbagi Soal dan Kunci Jawaban PPG Pedagogik Tes Formatif Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif Kegiatan Belajar 3 Merancang Pembelajaran Blended Learning Modul Pedagogik 4. M4 KB3 PPG Sebagai seorang professional guru dituntut untuk senantiasa mampu mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara inovatif, salah satunya adalah mampu merancang pembelajaran inovatif “blended learning”, dimana melalui pembelajaran “blended learning” tersebut, diharapkan guru mampu memadukan keunggulan yang ada pada pembelajaran tatap muka dan juga keunggulan yang ada dalam pembelajaran “online”.

M4 KB3 PPG Hal ini mengandung pengertian, bahwa pembelajaran “blended learning” bukan sekedar pembelajaran yang hanya memadukan pembelajaran tatap muka dan online saja, tetapi penerapan pembelajaran “blended learning” harus didasarkan pada analisa dan perencanaan yang matang demi tercapainya hasil belajar peserta didik yang lebih optimal.

Capaian Pembelajaran Pedadgogik Modul 4 KB 3 PPG Terbaru 

Setelah mempelajari keseluruhan materi pada Kegiatan Belajar 3 Modul 4 ini, Saudara Mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan pembelajaran “blended learning” menggunakan strategi penyampaian pembelajaran yang tepat.

Indikator Capaian Pembelajaran Pedadgogik Modul 4 KB 3 PPG Terbaru 

Setelah mempelajari materi dalam KB 3 modul 4 ini, secara lebih rinci diharapkan Saudara Mahasiswa dapat :
a. Menyusun perencanaan pembelajaran “blended learning”
b. Memanfaatkan beberapa teknologi e-learning untuk pembelajaran online

Pokok-pokok materi Pedadgogik Modul 4 KB 3 PPG Terbaru 

a. Perencanaan Pembelajaran “blended learning”
b. Pemanfaatan teknologi e-learning untuk pembelajaran online

Rangkuman Pedadgogik Modul 4 KB 3 PPG Terbaru 

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, ketika hendak menyusun perencanaan pembelajaran inovatif “blended learning”, diantaranya yaitu;
1) menentukan model “blended learning” yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, fasilitas belajar, ketersediaan akses terhadap teknologi, durasi jam pelajaran, dan penguasaan aplikasi teknologi e-learning oleh guru;
2) menyusun rencana pembelajaran inovatif “blended learning” yang mencakup kegiatan:
(a) menentukan tema pembelajaran, menuliskan kembali: identitas RPP, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dari RPP konvensional ke dalam RPP “blended learning”;
(b) menganalisis rumusan tujuan pembelajaran yang ada pada RPP konvensional sebelum dituangkan ke dalam RPP “blended learning”;
(c) menentukan metode penilaian dan kegiatan pembelajaran “blendeed learning” untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan;
(d) menganalisis kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada RPP ( konvensional ) yang telah kamu buat sebelumnya dan menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran “Blended Learning”; serta
3) menyiapkan bahan, alat/media, dan sumber belajar tatap muka dan daring.

Ada beberapa aplikasi teknologi e-learning yang tersedia gratis di internet yang bisa dipakai guru untuk melaksanakan pembelajaran “blended learning” di sekolah, diantaranya yaitu: Cisco Webex, SEVIMA EdLink, Google Classroom, Zoom Cloud Meeting, Edmodo, Moodle, dan Schoology. Setiap aplikasi dapat dimanfaatkan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan masing-masing

gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban PPG Pedagogik Tes Formatif Modul 4 KB 3 PPG Terbaru
sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban PPG Pedagogik Tes Formatif Modul 4 KB 3 PPG Terbaru 


Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 PPG Terbaru


1. Rumusan tujuan berikut yang menggambarkan adanya integrasi TIK dalam pembelajaran adalah ....
a. melalui diskusi kelompok, peserta didik akan dapat mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan dikotil
b. melalui kegiatan wawancara dengan petugas kelurahan, peserta didik akan dapat menjelaskan struktur pemerintahan desa
c. melalui pengamatan video animasi, peserta didik akan dapat menjelaskan proses fotosintesis
d. melalui pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri bunga sempurna dan tak sempurna.

2. Hal pertama yang perlu dipikirkan ketika akan merancang pembelajaran “blended learning” adalah ....
a. memilih dan menentukan kegiatan pembelajaran
b. memilih dan menentukan strategi pembelajaran
c. menentukan model “blended learning” yang akan diterapkan
d. memilih dan menentukan teknologi e-learning yang akan dipakai

3. Dalam menyusun rencana pembelajaran “blended learning”, komponen yang bisa langsung dipindahkan dari RPP konvesional ke RPP “blended learning”, tanpa penyesuaian, diantaranya yaitu ....
a. tujuan pembelajaran
b. identitas RPP
c. kegiatan pembelajaran
d. media pembelajaran

4. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan Ketika akan menentukan model “blended learning” yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kecuali ....
a. tingkatan usia peserta didik
b. kondisi komputer dan jaringan enternet sekolah
c. aplikasi teknologi e-learning mendukung model yang dipilih
d. prestasi dan hasil belajar peserta didik

5. Di bawah ini yang merupakan rumusan tujuan pembelajaran yang mengandung unsur berfikir tingkat tinggi, yaitu ....
a. Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menjelaskan pola irama lagu anak dengan tepat.
b. Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menerapkan pola irama lagu anak dengan tepat.
c. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis konsepkonsep yang saling berkaitan dalam teks nonfiksi dengan tepat.
d. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan konsepkonsep yang saling berkaitan dalam teks nonfiksi dengan tepat

6. Berikut ini yang merupakan kegiatan menyiapkan bahan/media/sumber belajar daring (online), yaitu ....
a. mengunggah bahan/sumber belajar pada aplikasi LMS.
b. men-dowload bahan/sumber belajar yang dibutuhkan dari enternet.
c. mengunggah bahan/sumber belajar pada melalui email.
d. men-share bahan.sumber belajar untuk peserta didik pada medsos.

7. Setiap aplikasi teknologi e-learning tidak lepas dari keunggulan dan kelemahan masing-masing. Di bawah ini yang merupakan kelemahan dari aplikasi LMS Moodle adalah, kecuali ....
a. memerlukan tenaga Ahli/Administrator untuk membangun dan mengelola sistemnya
b. Memerlukan biaya pengembangan dan pengelolaan system pembelajaran yang relatif murah.
c. memerlukan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi yang canggih
d. memerlukan memori yang besar dan kecepatan akses koneksi jaringan enternet

8. Berikut ini termasuk aplikasi e-learning berbasis Learning Management Sistem, kecuali ....
a. Moodle
b. Edmodo
c. Schoology
d. Zoom Cloud Meeting

9. Di bawah ini yang merupakan aplikasi teknologi e-learning berbasis teleconverence adalah ....
a. Google Classroom
b. Cisco Webex
c. Edmodo
d. Moodle

10. Aplikasi teknologi e-learning berikut yang berbasis Learning System Managemen cukup sederhana (tidak kompleks) adalah ....
a. Google Classroom
b. Cisco Webex
c. Edmodo
d. Moodle

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Soal dan Kunci Jawaban PPG Tugas Akhir Pedagogik Modul 3 Pembelajaran Inovatif PPG Terbaru. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan. 

Baca Juga : 
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik :

Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 :

Label: , ,