Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Kali ini kami akan berbagi mengenai Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Pengembangan Potensi Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Terdapat beberapa kompetensi guru bidang studi yang akan dicapai pada pembelajaran Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Pengembangan Potensi Peserta Didik ini yaitu guru P3K mampu:
- memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan;
- mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik;
- menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik;
- memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI MODUL PEDAGOGIK PEMBELAJARAN 7 PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
Setelah mempelajari materi pokok 7 tentang Pengembangan Potensi Peserta Didik, diharapkan Anda mampu:
- Menjelaskan konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
- Menjelaskan tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
- Menjelaskan prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan;
- Mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak;
- Menjelaskan pengertian potensi;
- Menjelaskan jenis-jenis potensi;
- Mengidentifikasi potensi peserta didik;
- Menganalisis permasalahan berkaitan dengan potensi peserta didik sekolah dasar; dan
- Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
MATERI POKOK MODUL PEDAGOGIK PEMBELAJARAN 7 PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran Perkembangan Peserta Didik Potensi Peserta Didik.
Bahan Belajar Pengembangan Potensi Peserta Didik Pengembangan Potensi Peserta Didik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan; mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik, menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik, dan memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi perkembangan peserta didik, dan potensi peserta didik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.
Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.
Bahan Belajar Pengembangan Potensi Peserta Didik Pengembangan Potensi Peserta Didik
Guru harus memahami bagaimana karakteristik peserta didik asuhannya dan cara mengembangkan potensinya. Informasi mengenai karakteristik peserta didik dalam berbagai aspek menjadi satu acuan dalam menentukan kedalaman dan keluasan materi sehingga sesuai dengan perkembangan peserta didik. Berdasarkan pemahaman tersebut guru perlu bekerja keras dan kreatif untuk mengeksplorasi berbagai upaya baik dalam bentuk media, bahan ajar, dan metode pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik secara tepat dan kreatif sehingga sesuai dengan perkembangan mereka termasuk gaya belajarnya.
Dalam pembelajaran karakteristik dan pengembangan potensi peserta didik diharapkan dapat memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan; mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik, menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik. Guru juga diharapkan dapat memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
Baca Juga :
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik :
Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 :
Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Modul 3 Pembelajaran Inovatif :
Soal dan Kunci Jawaban Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif :
Seberapa Pahamkah Anda Mengenai Modul Pedagogik Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik?
Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a. Menjiplak huruf
b. Menendang bola
c. Memasang puzzle
d. Mewarnai pola
e. Meronce membuat kalung
jawab : b. Menendang bola x
Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a. Media poster
b. Media grafis
c. Media gambar
d. Media cetak
e. Media benda nyata x
jawab : e. Media benda nyata
|
Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK |
Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
1. Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
Select one:
- Peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
- Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
- prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
- prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
The correct answer is: Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
2. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...
Select one:
- konvergen
- divergen
- vertical
- logis
The correct answer is: divergen
3. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah...
Select one:
- melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
- memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
- memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
- menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
The correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
4. Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
Select one:
- Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
- peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
- prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
- prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
The correct answer is: Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
5. Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...
Select one:
- bakat siswa yang rendah
- minat belajar yang kurang baik
- tingkat kecerdasan yang rendah
- motivasi belajar yang kurang baik
The correct answer is: tingkat kecerdasan yang rendah
6. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...
Select one:
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik
The correct answer is: merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
7. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui
kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...
Select one:
- identifikasi masalah
- memperkirakan penyebab
- memperkirakan tindakan
- identifikasi kasus
The correct answer is: identifikasi masalah
Kunci Jawaban bisa dilihat Modul Pedagogik Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK DISINI
Dapatkan Juga Kisi-kisi Mata Pelajaran PPG Lainnya di bawah ini :
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kelas TK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kelas SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPA SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPA SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPS SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru IPS SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SD
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PKN SMK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Indonesia SMK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Bahasa Inggris SMK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Matematika SMK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMP
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMA
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru PJOK SMK
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Fisika
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Kimia
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Biologi
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Sejarah
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Geografi
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Ekonomi
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Sosiologi
UNDUH Kisi-Kisi Soal UP PPG Guru Tata Busana
Label: modul pedagogik, teori belajar
<< Beranda